BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

22 April 2009

HARI BUMI

HARI BUMI - EARTH DAY 2009

Tepat tanggal 22 April 2009 kali ini, kita semua merayakan Hari Bumi. Hari ini, tiga puluh tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 22 April 1970, hari Bumi untuk pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Serikat, atas prakarsa seorang senator, Gaylord Nelson. Embrio gagasan Hari Bumi dimulai sejak ia menyampaikan pidatonya di Seattle tahun 1969, tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial, dalam hal ini lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in mengenai masalah anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan yang mencengangkan dari masyarakat sipil.

Hari Bumi yang pertama ini di Amerika Serikat merupakan klimaks perjuangan gerakan lingkungan hidup tahun 60-an untuk mendesak masuk isu lingkungan sebagai agenda tetap nasional. Kini peringatan Hari Bumi telah menjadi sebuah peristiwa global. Para pelaksana peringatan HARI BUMI menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipil untuk Hari Bumi yakni EARTH DAY NETWORK yang berpusat di Seattle. Bila Hari Bumi ‘70 pertama paling tidak melibatkan 20 juta manusia di AS, Hari Bumi 1990 melibatkan 200 juta manusia di seluruh dunia, maka pada Hari Bumi 2000 diperkirakan terlibat 500 juta manusia di seluruh dunia dengan jargon “making history - making change”.

So..bagi kita apa makna Hari Bumi? Saya yakin deh...kalo kita-kita ini tidak begitu paham dengan hari yang kedengaran asing ini. Hari Bumi, ya itu kata yang masih asing di telinga kita. Tapi ya...sebetulnya kalo kita tidak mau tahu dan mengabaikan bumi ini berarti kita telah mengabaikan juga perintah Tuhan loh!! Ah masa sih...(mungkin pikir kalian begitu ya). Tapi mari kita lihat aja di kitab Kejadian 1 dan 2, sebelum Tuhan menciptakan manusia (kita-kita ini loh...), Tuhan terlebih dahulu menciptakan alam semesta beserta isinya dan Tuhan mengatakan "sungguh amat baik". Tuhan ungkapkan kesenangan dan pujian itu, so..sekarang pa yang ada di benak kita tentang bumi, telah kita apakan "ibu pertiwi" yang dipuji Tuhan ini? Kita remehkankah? Kita perdayakah? Kita sakitikah? or kita hancurkan? Nah lo...

Banyak orang mungkin berkata, "Alam semesta (bumi) diciptakan Tuhan kan dengan maksud untuk menjadi kesejahteraan manusia, jadi ya wajar toh kalo eksploitasi". Memang sih pendapat itu nggak salah, tapi lihat aja sekarang...alam sepertinya memusuh i manusia. Lihat saja banjir...kekeringan...longsor...angin ribut...semua itu menjadikan manusia gentar...takut! Tapi coba kita renungkan, apakah "seorang ibu" (bumi) punya niat untuk membinasakan anak-anaknya (manusia)? Seorang ibu (yang normal tentunya) tidak akan menghancurkan dan membinasakan anak-anaknya, tapi sebaliknya dia akan memberikan perlindungan dan penghidupan. Ternyata "keganasan" ibu pertiwi sering disebabkan oleh ulah anak-anak manusia yang tidak tahu diri, tidak menyadari bahwa bumi ini telah memberikan kehidupan dan kenyamanan kepada kita.

Sebab itu guys...mari kita sadari dan kita sadarkan orang lain untuk perhatikan bumi kita ini sebagai bagian yang integral dengan kita...sebagai saudari kita!. Bumi yang didalamnya kita juga bisa temukan 4 unsur penting yang menopang hidup manusia (air, tanah, api, udara) mari kita jaga jangan sampai cepat rusak yang akhirnya juga akan merusak dan menghancurkan kita. Karena itu mari kita budayakan hidup bersih dan ramah lingkungan. Kurangi hobi dan aktifitas yang memicu meningkatnya gas-gas rumah kaca, kita ganti dengan hobi dan aktifitas ramah lingkungan...hijaukan bumi...tanam lebih banyak pohon!!!

"Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu"(Kejadian 2:15). Rasanya teks tersebut harus kita gaungkan kemana dan dimana saja kita berada. Kita sadarkan saudara-saudara kita, bahwa kita punya tugas untuk menjaga keseimbangan ekologi. Tuhan memberikan tempat yang indah bagi kita untuk dapat menikmati kehidupan di bumi ini, kita ini diperbolehkan untuk mengusahakan (mengeksploitasi) bumi bagi kesejahteraan manusia...tapi jangan lupa...kita juga ditugasi untuk memeliharanya.


Nah sekarang...kalo kita ini ingin menjadi orang yang berbahagia maka lakukanlah apa yang kita dengar dari Tuhan. Usahakanlah dan Peliharalah bumi...selamat Hari Bumi. Tuhan memberkati segala makhluk....Amin. (yaw).

2 komentar:

Dare To Succeed mengatakan...

Hayo-hayo, mari kita buat bumi lebih hijau, satu orang satu pohon, satu juta orang satu juta pohon, agar bumi lebih "cool, ... Let's just do it by planting a tree.

Anonim mengatakan...

Ikut mendukung....Mari kita kita semua "santun" dan "tanggap" terhadap lingkungan disekitar kita